Selasa, 11 Oktober 2016

Kenapa Kita Bisa Berbicara?

“Kenapa sih mulut bisa ngomong? Ya, karena ada lidahnya”.
            Buat yang suka disetelin lagu susan sama mamanya dulu pasti tahu lirik lagu itu kan?kalau dipikir-pikir ya emang bener sih. Coba aja pikir kalau kita gapunya lidah? Susah kan mau ngomongnya? Hahaha… Sebenarnya bukan cuma peran si lidah aja nih yang bikin kita bias ngomong alias bicara. Tapi banyak banget alat-alat ucap yang berperan sehingga kita bisa bicara, yaitu sebagai berikut :
1.      Paru-paru
2.      Batang tenggorokan
3.      Pangkal tenggorokan
4.      Pita suara
5.      Krikoid
6.      Tiroid
7.      Aritenoid
8.      Dinding rongga tenggorokan
9.      Epiglotis
10.  Akar lidah
11.  Punggung lidah
12.  Tengah lidah
13.  Daun lidah
14.  Ujung lidah
15.  Anak tekak
16.  Langit-langit lunak
17.  Langit-langit keras
18.  Gusi dalam/ceruk gigi
19.  Gigi atas
20.  Gigi bawah
21.  Bibir atas
22.  Bibir bawah
23.  Mulut
24.  Rongga mulut
25.  Rongga hidung
Banyak banget ya kan? Nah suara berbicara yang kita keluarkan dari mulut itu namanya bunyi Bahasa. Sekarang kalian tahu gak sumber bunyi bahasa itu dari mana? Mungkin ada yang jawab pita suara kan *gara gara suka nonton spongebob*. Hm, kalo jawabannya itu sih agak kurang tepat ya. Yang bener itu sumber bunyi bahasa itu berasal dari udara yang berasal dari paru-paru. Nah, udara yang berasal dari paru-paru ini keluar melewati tengorokan. Kemudian udara tersebut terhambat oleh articulator. Nah yang tadi ngira kalo pita suara itu sebagai sumber bunyi bahasa itu sebenarnya salah karena pita suara itu sebagai salah satu articulator yang menghambat udara. Bunyi bahasa akan keluar apabila udara terhambat oleh articulator/alat ucap. Setelah terhambat oleh pita suara, udara yang tidak mengalamai hambatan pada articulator di rongga mulut maka akan keluar sebagai huruf vocal. Apabila udara mengalami hambatan pada sebagian alat bicara maka disebut huruf konsonan.
Proses terbentuknya bunyi :
1)      Proses keluarnya udara dari paru-paru.
2)      Proses fonasi, yaitu lewatnya bunyi dalam tenggorokan.
3)      Proses artikulasi, yaitu proses terbentuknya bunyi oleh articulator.
4)      Proses oro nasal, yaitu proses keluarnya bunyi melalui mulut atau hidung.
Kebayang ga kalau aja dari ke-25 alat ucap itu ada salah satu nikmatnya yang dicabut sama Allah? Ga kebayang kan? Jangankan dicabut/dihilangin satu, salah satunya ada yang ga berfungsi dengan baik aja misalnya lagi sariawan, mau ngomong aja suka susah. Ya nggak? Oleh karena itu, kita harus banyak bersyukur sama Allah SWT. karena sudah menciptakan segala sesuatunya secara sempurna.

Jadi, lirik lagunya Susan salah ya? Bukan salah sih, tapi kurang tepat. Maklumin aja, Susan kan masih kecil. Hehehe…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar