Rabu, 30 November 2016

Pengertian Kurikulum

Kurikulum merupakan acuan pembelajaran dan pelatihan dalam pendidikan dan/atau pelatihan. Oleh sebab itu, pengembangan kurikulum melibatkan pemikiran-pemikiran secara filsafati, psikologi, ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya. Landasan filsafat pendidikan menelaah fungsi kurikulum secara mendalam dan radikal sehingga menemukan sifat yang hakiki (substansive nature) dari kuriulum dalam pendidikan dan/atau pelatihan.
Landasan psikologis menelaah keselarasan antara perkembangan dan kesiapan mental peserta didik dengan kompleksitas materi pembelajaran sehingga proses pembelajaran dan pelatihan menghasilkan pengalaman yang bermanfaat selaras dengan cita-cita peserta didik. Sementara ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya merupakan sumber-sumber materi pembelajaran yang perlu diatur penyampaiannya, baik pada arah horizontal (cakupan, scopes) maupun pada arah vertical (kontinuitas, sekuens) agar dapat menumbuhkan kemampuan menalar dengan wawasan yang luas dan mendalam.

Jadi, dari berbagai pemaparan materi diatas dapat di simpulkan kurikulum adalah acuan pembelajaran.

DAFTAR PUSTAKA
Mulyasa,E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar