Evaluasi
sebagai kegiatan pemeriksaan yang sistematis dari peristiwa-peristiwa yang
terjadi dan akibatnya pada saat program dilaksanakan pemeriksaan diarahkan
untuk membantu memperbaiki program itu dan program lain yang memiliki tujuan
yang sama. Evaluasi merupakan salah satu komponen dalam sistem pembelajaran.
Dalam hubungannya dengan pembelajaran dijelaskan bahwa eevaluasi pembelajaran
adalah penilaian atau penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan peserta
didik kearah tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dalam hukum. Hasil penilaian
ini dapat dinyatakan secara kuantitatif maupun kualitatif. Dari pengertian
tersebut dapat diketahui salah satu.
Tujuan
evaluasi pembelajaran adalah untuk mendapatkan data pembuktian yang akan
mengukur sampai dimana tingkat kemampuan dan pemahaman peserta didik dalam
mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian evaluasi menempati posisi yang
sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena dengan adanya evaluasi
keberhasilan pembelajaran dapat diketahui. Evaluasi yang diberikan oleh guru
mempunyai banyak kegunaan bagi siswa, guru, maupun bagi guru itu sendiri. Guru
mempunyai kegunaan bagi siswa, diantaranya:
1) Mengetahui apakah siswa sudah menguasai
materi pembelajaran yang disajikan oleh guru.
2) Mengetahui bagian mana yang belum dikuasai
oleh siswa, sehingga dia berusaha untuk mempelajarinya lagi sebagai upaya
perbaikan.
3) Penguatan bagi siswa yang sudah memperoleh
skor tinggi dan menjadi dorongan atau motivasi untuk belajar lebih baik.
Berdasarkan
uraian diatas dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran merupakan penilaian
terhadap kemajuan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Evaluasi
pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dalam proses pembelajaran.
Karena dengan adanya evaluasi pembelajaran keberhasilan pembelajaran dapat
diketahui hasilnya. Oleh karena itu evaluasi pembelajaran harus disusun dengan
tepat, agar dapat menilai kemampuan siswa dengan tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar