Kurikulum
merupakan acuan pembelajaran dan pelatihan dalam pendidikan dan/atau pelatihan.
Oleh sebab itu, pengembangan kurikulum melibatkan pemikiran-pemikiran secara
filsafati, psikologi, ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya. Landasan filsafat
pendidikan menelaah fungsi kurikulum secara mendalam dan radikal sehingga
menemukan sifat yang hakiki (substansive
nature) dari kuriulum dalam pendidikan dan/atau pelatihan.
Landasan
psikologis menelaah keselarasan antara perkembangan dan kesiapan mental peserta
didik dengan kompleksitas materi pembelajaran sehingga proses pembelajaran dan
pelatihan menghasilkan pengalaman yang bermanfaat selaras dengan cita-cita
peserta didik. Sementara ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya merupakan
sumber-sumber materi pembelajaran yang perlu diatur penyampaiannya, baik pada
arah horizontal (cakupan, scopes)
maupun pada arah vertical (kontinuitas, sekuens)
agar dapat menumbuhkan kemampuan menalar dengan wawasan yang luas dan mendalam.
Jadi, dari
berbagai pemaparan materi diatas dapat di simpulkan kurikulum adalah acuan
pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Mulyasa,E. 2013. Pengembangan dan
Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar