Rabu, 30 November 2016

Struktur Kurikulum 2013

Struktur kurikulum 2013 yang berbasisi karakter dan kompetensi untuk sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas, serta sekolah menengah kejuruan seperti yang disajikan dalam materi uji public kurikulum 2013, dan juga materi sosialisasi kurikulum 2013 (Kemendiknas, 2013) dapat dikemukakan sebagai  berikut :
Tabel 2.1
Struktur Kurikulum 2013


Usulan Rancangan Struktur Kurikulum SD
NO
Komponen Rancangan
1.
Berbasis tematikintergratif sampai kelas IV
2.
Menggunakan kompetensi lulusan untuk merumuskan kompetensi hasil pada tiap kelas
3.
Menggunakan pendekatan sains dalam proses pembelajaran (mengamati), menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan (menciptakan) semua mata pelajaran.
4.
Menggunakan IPA dan IPS sebagai materi pembahasan pada semua mata pelajaran.
5.
Meminimumkan jumlah mata pelajaran dengan hasil dari 10 dapat dikurangi menjadi 6 melalui pengintegrasian beberapa mata pelajaran.
-          IPA menjadi materi pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia, matematika, dll.
-          IPS menjadi materi pembahasan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, dll.
-          Muatan lokal menjadi materi pembahasan Seni Budaya dan Prakarya serta pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.
-          Mata pelajaran pengembangan diri di integrasikanke semua mata pelarajaran.
6.
Menempatkan IPA dan IPS pada posisi sewajarnya bagi anak SD yaitu bukan sebagai disiplin ilmu melainkan sebagai sumber kompetensi untuk membentuk ilmuan dan kepedulian dalam berinteraksi sosial dan dengan alam secara bertanggung jawab.
7.
Perbedaan antara IPA/IPS dipisah atau diintgrasikan hanyalah pada apakah buku teksnya terpisah atau jadi satu. Tetepi bila dipisah dapat berakibat beratnya beban guru, kesulitan bagi Bahasa Indonesia untuk mencari materi pembahasan yang kontekstual,, berjalan sendiri melampaui kemampuan berbahasa peserta didiknya seperti yang terjadi saat ini, dll
8.
Menambah 4 jam pelajaran per minggu akibat perubahan proses pembelajaran dan penilaian.

DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zainal.2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Mulyasa,E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Reksoatmodjo,Tedjo.2010. Pengembangan Kurikulum Pendidika. Bandung: PT. Refika Aditama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar