Pembelajaran
merupakan kegiatan yang melibatkan siswa dan guru dengan menggunakan berbagai
sumber belajar baik dalam situasi kelas maupun di luar kelas. Dalam arti media
yang digunakan untuk pembelajaran tidak terlalu identik dengan situasi kelas
dalam pola pengajaran konvensional namunproses belajar tanpa kehadiran guru dan
lebih mengandalkan media termasuk dalam kegiatan pembelajaran. Klasifikasikan
penggunaan media berdasarkan tempat penggunaannya, yaitu:
1)
Penggunaan media di kelas
Pada
teknik ini media dimanfaatkan untuk menunjang tercapainya tujuan tertentu dan penggunaannya
dipadukan dengan proses belajar mengajar dalam situasi kelas. Dalam
merencanakan pemanfaatan media tersebut guru harus melihat tujuan yang akan
dicapai, materi pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan tersebut, serta
strategi belajar mengajar yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut.
2)
Penggunaan media di luar kelas
Media
tidak secara langsung dikendalikan oleh guru, namun digunakan oleh siswa
sendiri tanpa instruksi guru atau melalui pengontrolan oleh orang tua siswa.
Penggunaan media di luar kelas dapat dibedakan menjadi dua kelompok utama,
yaitu penggunaan media tidak terprogram dan penggunaan media secara terprogram.
a)
Penggunaan media tidak terprogram
Penggunaan
media dapat terjadi di masyarakat luas. Hal ini ada kaitannya dengan keberadaan
media massa yang ada di masyarakat. Penggunaan media ini bersifat bebas yaitu
bahwa media itu digunakan tanpa dikontrol atau diawasi dan tidak terprogram
sesuai tuntutan kurikulum yang digunakan oleh guru atau sekolah.
b)
Penggunaan media secara terprogram
Media
digunakan dalam suatu rangkaian yang diatur secara sistematik untuk mencapai
tujuan tertentu disesuaikan dengan tuntutan kurikulum yang sedang berlaku.
Peserta didik sebagai sasaran diorganisasikan dengan baik sehingga mereka dapat
menggunakan media itu secara teratur, berkesinambungan dan mengikuti pola
belajar mengajar tertentu.
Dari
beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan
peralatan yang membawa pesan-pesan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Jenis-jenis
media pembelajaran sangat beragam dan mempunyai kelebihan dan kelemahan
masing-masing, maka diharapkan guru dapat memilih media pembelajaran sesuai
dengan kebutuhan agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif.
Selain dalam memilih media pembelajaran, guru juga harus dapat memperlihatkan
penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang tidak digunakan secara
maksimal juga akan mempengaruhi hasil belajar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar