Rabu, 30 November 2016

Tujuan Pengembangan Kurikulum 2013

Melalui pengembangan kurikulum 2013 kita akan menghasilkan insan indnesia yang produktif , kreatifit, inovatif, afektif melalui penguatan sikap, keterampilan , dan pengetahuan yang terintegrasi. Dalam hal ini, pengembangann kurikulum di fokuskan peda pembentukan kompetensi dan karakter peserta didik ,berupa paduan pengetahuan, keterampilan , dan sikap dapat di demonstarsikan peserta dididk sebagai wujud pemahaman terhadapa konsep yang di pelajarinya secara kontekstual . Kurikulum 2013 memungkinkan para guru menilai hasil belajar peserta didik dalamproses pencapaian sasaran belajar yang mencerminkan penguasaan dan pemahaman  terhadap apa yang di pelajari. Oleh karena itu, peserta didik perlu mengetahui kriteria penguasaan materi dan karakter yang kaan di jadikan sebagai kriteria penguasaan kompetensi dan karakter yang akan di jadikan sebagai standar penilaian hasil belajar, sehingga para peserta didik dapat mempersiapkan sirinya melalui penguasaan terhadap jumlah kompetensi  dan karakter tertentu, sebagai prasyarat untuk melanjutkan ke tingkat penguasaan kompetensi dan karakter berikutnya.
Mengacu pada penjelasan UU No. 20 tahun 2003, bagian umum  di katakan, bahwa : “ Startegi pembangunan pendidikan nasional dalam undang-undang ini  meliputi:……., 2. Penggembanagn dan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi,…” dan pada penjelasan pasal 35, bahwa “ Kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap ,pengetahuan , dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati.” Maka di adakan perubahan kurikulum dengan tujuan untuk “ Melanjutkan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah di rintis pada tahun 2004 dengan mencakup kometensi sikap, pengetahuan, dan keterampulan secara terpadu. Untuk mecapai tujuan tersebut meurut perubahan pada berbagai aspek lain, teruatma dalasm implementasinya di lapangan. Pada proses pembelajaran, dari siswa di beritahu menjadi sisiwa mencari tahu, sedangkan pada proses penilaian output menjadi berbasis pengetahuan melalaui penilaian proses , portofolio dan penilaian outut secara utuh dan menyeluruh sehingga memerlukan penambahan jam pelajaran. Dari berbagai sumber, sedikitnya dapat di identififkasikan sedikitnya 5 karakteristik kurikulum berbasis kompetensi ,yaitu : mendayagunakan keseluruhan sumber belajar ,pengalaman lapangan, strategi individual personal, kemudahan belajar ,dan belajar tuntas .Kelima hal tersebut di jelaskan sebagai berikut :
a.       Mendayagunakan Keseluruhan Sumber Belajar
Suatu faktor yang menyebabkan rendahnya kualitas belajar  antar lain belum di manfaatkannya sumber belajar secara maksimal baik oleh guru maupun oleh peserta didik. Hal tersebut lebih di persulit lagi suatu kondisi yang turun menurun, dimana guru mendominasi kegiatan pembelajaran, karena pembelajaran dapat dilakuakan dengan mendayagunakan aneka ragam sumber belajar. Dengan demikian, tidak ada lagi anggapan bahwa kegiatan pembelajaran baru di katakan sempurna kalau ada cermah dari guru. Untuk memperoleh hasil belajar yang di optimal peserta didik di tuntut tidak hanya mengandalkan diri dari apa yang terjadi di dalam kelas, tetapi harus mampu dan mau menelusuri aneka ragam sumber belajar yang di perlukan.Pendayagunaan sumber belajar memiliki arti yang sangat penting, saling melengkapi , memelihara dan memperkaya khasanah belajar  juga dapat meningkatkan aktifitas dan kreatifitas belajar, yang sangat menguntungkan baik bagi guru maupun peserta didik . Dengan didayagunakan sumber belajar secara makasimal, di mungkinkan orang yang telah belajar menggali berbagai jenis ilmu pengetahuan yang sesuai dengan bidangnya, akselerasi teknologi dan seni yang senantiasa berubah.
Pada hakikatnya tidak ada satu sumber belajar pun yang dapat memnuhi segala macam keperluan belajar mengajar. Dengan demikian, berbicara sumber belajar perlu di pandang dalam artian luas, jamak ,dan beraneka ragam. Momentum pemilihan sumber suatu belajar, perlu dikaitkan dengan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain, sumber belajar dipilih dan digunakan dalam proses belajar apabila sesuai dan menunjang tercapainya tujuan.
Dalam kegiatan pembelajaran, pendayagunaan sumber belajar secara optimal sangatlah penting , karena keefektifan proses pembelajaran di temukan pula oleh kemampuan peserta didik dalam mendayagunakan  sumber-sumber belajar dalam pembelajaran di sekolah.
1)      Membawa sumber belajar kedalam kelas.
Dalam aneka ragam macam dan bentuknya sumber –sumber belajar dapat digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Hal tersebut mislanya membawa tape recorder ke dalam kelas , dan memanggil manusia sumber.
2)      Membawa ke lapangan dimana sumber belajar berada.
Adakalanya terdapat sumber belajar yang sangat penting dan menunjang tujuan belajar tetap tidak dapat dibawa ke dalam kelas karena mengandung resiko yang cukup tinggi, atau memiliki karakteristik yang tidak memungkinkan untuk dibawa kedalam kelas. Hal tersebut misalnya museum, apabila kita mau menggunakan museum sebagai sumber belajar tidak mungkin membawa museum tersebut kedalam kelas, oleh karenanya kita harus mendatangi musem tersebut. Pemanfaatan sumber belajar dengan cara yang kedua ini biasanya di lakuakan dengan metode karyawisata, hal ini dilakukan terutama untuk mengefektifkan biaya yang di keluarkan.
Tidak ada satupun sumber belajar yang dapat di memenuhi berbagai kebutuhan, maka dalam proses belajar di perlukan kesiapan mental dan kemauan, serta kemampuan untuk menjelajahi aneka ragam sumber belajar yang ada dan  mungkin ada.
1)     Pengalaman Lapangan
Kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi dan karakter lebh menekankan pada penglaman lapangan untuk mengakrabkan hubungan guru dengan peserta didik. Keterlibatan anggota tim guru dan pembelajaran di sekolah memudahkan mereka untk mengikuti pembelajaran. Di samping itu, mereka juga dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan penglaman dalam ruang lingkup ang lebih luas untuk menunjang profesinya sebagai guru. Pengalaman lapangan dapat secara sistematis melibatkan masyarakat dalam program, aktivitas, dan evaluasi pembelajaran. Keterlibatan ini penting karena masyrakat adlah pemakai produk pendidikan dan dlam banyak kasus, sekaligus sebagai penyandang dana untuk pembangunan danpengoperasian program. Pengalaman lapangan dapat melibatkan tim guru terhadpa ras tidak senang peserta didik . Bekerja secara tim dalam pembelajaran di mungkinkan dalam penerapan pendekatan pembelajaran terpadu yang dpat mengurangi kesenjangan. Jadi, para guru yang merencanakan dan mengintegrasikan pembelajaran bagi peserta didik dapat berbagi informasi dan bertukar pengalaman. Kegiatan ini menguntungkan bagi peserta didik, terutama bagi tumbuhnya sikap terbuka dan demokratis sebgai dampak dari pandangan yang bervariasi terhadap kebutuhan.
2)      Strategi Belajar Individual Personal
Kurikulum 2013 berbasi kompetensi dan karakter yang mengupayakan startegi belajar individual personal. Belajar individual personal adalah belajar berdasarkan tempo belajar peserta didik, sednagkan belajar personal adalah adalah nteraksi edukatif berdasarkan keunikan peserta didik, bakat, minat dan kemampuan. Kurikulum ini tidak kan berhasil tanpa individualisasi dan personalisasi. Individualisasi dan personalisasi dalam konteks ini tidak hanya sekedar individualisasi dalam pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kognitif peserta didik, tetapi mencakup respon-respon terhadap perasaan pribadi terhadap kebutuhan pertumbuhan psikosional peserta didik. Dalam rangka mengembangkan strategi individual personal,ppengembangan kuriulum perlu melibatkan berbagai ahli psikologi, baik psikologi perkembangan, maupun psikologi belajar( psikologi pendidikan).
3)      Kemudahan Belajar
Kemudahan belajar dalamkurikulum 2013berbasis kompetensi dan karakter di berikan melalui kombinasi antar pembelajaran individual personal dengan pengalaman lapangan, dan pembelajran secara team. Hal in terus dilakukaan melalui berbagai saluran komuikasi yang di rancang untuk itu, seperti video, televisi, radio, bulletin, jurnal dan surat kabar. Berbagai media komunikasi tersebut perlu diadidayakan secara optimaluntuk memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik dalam menguasai dan memahami kompetensi tertentu.
Menurut konsep kurikulum berbasis kompetensi, belajar merupakan perubahan dari tidk bisa menjadi bisa melakukan. Tujuan sasaran dan penilaian semuanya terfokus pada kompetensi yang dimiliki peserta didik atau pekerjaan yang mampu di lakukan setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.
4)      Belajar Tuntas
Belajar tuntas merupakan strategi pembelajaran ang dapat dilaksanakan di dalam kelas dan asumsi bahwa didalam kondisi yang tepat semua peserta didik akan mampu belajar dengan baik dan memperoleh hasil belajar secara amksimal terhadap seluruh bahan yang dipelajari. Agar semua peserta didik memeperoleh hasil  belajar secara maksimal pembelajaran harus di laksanakan dengan sistematis. Kesistematisan akan tercermin dari strategi pembelajaran yang di laksanakan, terutama dalam mengorganisisr tujuan dan bahan belajar, melaksanakan bahan evaluasi dan memberikanbimbingan terhadap peserta didik yang gagal mencapai tujuan yang telah di terapkan. Tujuan pembelajaran harus terorganisir secara spesifik untuk memudahkan pengcekan hasil belajar, bahan perlu di jabarkan menjadi satuan- satuan belajar tertentu dan penguasaan bahan yang lengkap untuk semua tujuan setiap satuan belajar di tuntut dari para peserta didik sebelum proses beljar melangkah ke tahap berikutnya. Evaluasi dilaksanakan setelah dilaksanakan setelah peserta didik menyelesaikan suatu kegitan belajar tertentu mmerupakan suatu dasar untuk memproleh umpan balik(feedback). Tujuan utama evaluasi dan memperoleh informasi tentang pencapaian tujuan dan penguasaan bahan oleh peserta didik. Hasil evaluasi digunakan untuk menentukan dimana dan dalam hal apa para peserta didik perlu memperoleh bimbingan dalam mencapai tujuan , sehingga seluruh peserta didik dapat mencapai tujuan dan menguasai bahan belajar secara maksimal(belajar tuntas).
Strategi belajar tuntas dapat di bedakan dari pengajaran non belajar tuntas terutama dalam hal berikut :
·         Pelaksanaan tes secara teratur untuk memperoleh balikan terhadap bahan yang di ajarkna sebagai ala untuk mendiagnosa kemajuan.
·         Peserta didik baru dapat melangkah pada pembelajaran berikutnya setelah ia benar-benar menguasai pelajaran sebelumnya sesuai dengan patokan yang ditetapkan.
·         Pelayanan bimbingan dan penyuluhanterhadap anak didik gagal mencapai taraf penguasaan penuh, melalui pengajaran korektif, yang menurut Morrison merupakan pengajaran kembali, pengajaran tutorial dan kontruksi kegiatan belajar pengajran kembali kebiasaan- kebiasan  belajar peserta didik sesuai dengan waktu yang di perlukan masing-masing.
Strategi belajar tuntas dikembangkan oleh Bloom(1975), meliputi tiga bagian, yaitu mengidentifikasi prkondisi, mengembangkan prosedur operasional dan hasil belajar. Selanjutnya diimplementasikan dalmpembelajaran klasikal dengan memberikan”bumbu” untuk menyeseuaikan dengan kemampua individual, yang meliputi :
·         Corrective technique. Semacam pengajaran remedial, yang di lakuakan dengan memberikan pengajran terhadap tujuan yang gagal dicapai oleh peserta didik , dengan prosedur dan metode yang berbeda dari sebelumnya.
·         Memberikan tambahan waktu kepada peserta didik yang memebutuhkan (belum menguasa secara tuntas).
Disamping implementasi dan pembelajaran klasikal, belajar tuntas banyak diimplementasikan dalam sistem pembelajaran individual, muali dari sekolah dasar dampai perguruan tinggi. Sesuia dengan kondisi Negara, kebutuhan masyarakat, dan berbagai perkembangna serta perubahna yang sedang berlangsung dewasa ini, dalam pengembangan kurikulum 2013 yang berbasis karakter dan kompetensi perlu id perhatkan dan di pertimbangkan prinsip- prinsip sebagia berikut :
·         Pengembangan kurikulum dilakukan mengacu pada standar nasional penididkan untuk mewujudakan tujuan pendidikan nasional.
·         Kurikulum dan semua jenjang dan jenis pendidikan di kembangkan dengan prinsip diverfikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik.
·         Mata pelajaran mnrupakan wahanauntuk mencapai kompetensi
·         Standar Kompetensi Lulusan dijabarakan dari tujuan pendidikan nasional dan kebutuhn masyarakat, Negara, serta perkembangan global
·         Standar Isi dijabarkan dari Standar Kompetensi Lulusan
·         Standar proses dijabarkan dari standar lulusan
·         Standar Penilaian dijabarkan dari Standar Kompetensi Lulus, Standar Isi, dan Standar Proses
·         Standar Kompetensi Lulus dijabarkan ke dalam Kompetensi Inti
·         Kompetensi Inti dijabarkan kedalam Kompetensi Dasar yang dikontektualisasikan kedalam suatu mata pelajaran
·         Kurikulum satuan pendidikan dibagi menjadi kurikulum tingkat nasional, daerah dan satuan pendidikan.
Ø  Tingkat nasional di kembangkan oleh pemerintah
Ø  Tingkat daerah di kembangkan oleh pemenrintah daerah
Ø  Tingkat satuan pendidikan di kembangkan oleh satuan pendidikan
·         Proses pembelajaran dikembangkan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotifasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memeberi ruang yang cukup bagi praksa, krearifitas dankemandirian sesuai dengan bakat minat dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik
·         Penilaian hasil belajar berbasis proses dan produk

·         Proses beljaar dengan pendekatan ilmiah (scientific approach)

DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zainal.2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Mulyasa,E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. PT. Remaja Rosda Karya
Mulyasa,E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Reksoatmodjo,Tedjo.2010. Pengembangan Kurikulum Pendidika. Bandung: PT. Refika Aditama

Perbedaan Esensial Kurikulum SD

Perbedaan dan pengembangan kurikulum mulai dari sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan sekolah menengah kejuruan (SMK) dilakukan untuk menjawab tantangan zaman yang terus berubah agar peserta didik mampu bersaing dimasa depan, dalam konteks nasional maupun global. Perubahan dan pengembangan kurikulum 2013 dapat dikaji perbedaannya dengan KTSP 2006, dalam table-tabel berikut ini (dimodifikasi dan dikembangkan dari materi sosialisasi kurikulum 2013).
Table 2.2
Perbedaan Esensial Kurikulum SD
KTSP 2006
Kurikulum 2013
Status
Mata pelajaran tertentu mendukung kompetensi tertentu
Tiap mata pelajaran mendukung semua kompetensi (sikap, keterampilan, pengetahuan).
Baiknya
Mata pelajaran dirancang berdiri sendiri dan memiliki kompetensi dasar sendiri
Mata pelajaran dirancang terkait satu dengan yang lain dan memiliki kompetensi dasar yang diikat oleh kompetensi inti tiap kelas.
Baiknya
Bahasa Indonesia sejajar dengan maple lain
Bahasa Indonesia sebagai penghela maple lain (sikap dan keterampilan berbahasa)
Baiknya
Tiap mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan berbeda
Semua mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan yang sama (saintifik) melalui mengamati, menanya, mencoba, menalar,….
Baiknya
Tiap jenis konten pembelajaran diajarkan terpisah (separated curriculum)
Bermacam jenis konten pembelajaran diajarkan terkait dan terpadu satu sama lain (cross curriculum atau integrated curriculum)
Baiknya

Konten ilmu pengetahuan diintegrasikan dan dijadikan penggerak konten pembelajaran lainnya

Tematik untuk kelas III (belum integrative)
Tematik integratif untuk kelas I-VI
Baiknya

Kurikulum sekolah dasar 2013 lebih ditekankan pada aspek efektif, dengan penilaian yang ditekankan pada nontes dan portopolio. Dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi dan karakter ini, murid SD idealnya tidak lagi banyak menghafal, karena kurikulum ini dirancang untuk mempersiapkan peserta didik memiliki budi pekerti atau karakter yang baik, sebagai bekal untuk mengikuti pendidikan pada jenjang berikutnya. Berikut adalah perbedaan lebih lanjut kurikulum 2013 untuk sekolah dasar.
1.      Tematik-integratif
Pembelajaran tematik integrative sebelumnya hanya dilaksanakan pada kelas rendah saja, dan kelas tinggi setiap mata pelajaran terkesan terpisah atau berdiri sendiri. Dalam implementasi kurikulum 2013, murid sekolah dasar tidak lagi mempelajari masing-masing mata pelajaran secara terpisah. Pembelajaran berbasis tematik integrative yang diterapkan pada tingkatan pendidikan dasar ini menyuguhkan proses belajar berdasarkan tema untuk kemudian dikombinasikan dengan mata pelajaran lainnya.
Jadi pada Kurikulum 2013 pembelajaran tematik integrative digunakan agar proses pembelajaran lebih mudah supaya siswa tidak lagi mempelajari masing-masing mata pelajaran.
2.      Delapan Mata Pelajaran
Untuk tingkat SD, saat ini ada 10 mata pelajaran yang diajarkan, yaitu pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, seni budaya dan keterampilan, pendidikan jasmani dan kesehatan, serta muatan lokal dan pengembangan diri. Dalam kurikulum 2013, mata pelajaran untuk anak SD yang semula berjumlah 10 mata pelajaran dipadatkan menjadi 8 mata pelajaran, yaitu agama, PPKn, matematika, Bahasa Indonesia, pendidikan jasmani dan kesehatan, seni budaya, IPA, dan IPS. Bahkan semula rencananya diintegrasikan ke dalam mata pelajaran lainnya.
3.      Pramuka Sebagai Ekstra Kulikuler Wajib
Dalam inplementasi kurikulum 2013, pramuka merupakan ekstra kulikuler wajib dan itu diatur dalam undang-undang, pramuka ini menjadi ekstra kulikuler wajib pada satuan pendidikan dasar dan menengalah, untuk berbagai jenis dan jenjang pendidikan. Untuk meningkatkan layanan secara professional, maka dalam implementasi pramuka, kemendikbud bekerja sama dengan kemenpora.
4.      Bahasa Inggris Hanya Ekskul
          Sebelumnya terjadi polemic mengenai Bahasa inggris di SD, yaitu Bahasa inggris akan dihapus dari kurikulum. Rencana penghapusan Bahasa inggris dari kurikulum SD ini didasari kekhawatiran akan membebani siswa dan memprioritaskan terhadap penguasaan Bahasa Indonesia. Ternyata untuk tingkat SD ini, dalam kurikulum baru 2013 bahasa inggris termasuk dalam kegiatan ekstra kulikuler bersama dengan Palang Merah Remaja (PMR), UKS, dan Pramuka. 
5.       Belajar di Sekolah Lebih Lama
Pemadatan mata pelajaran dalam kurikulum 2013 bukan mengurangi jam belajar, justru membuat lama belajar anak disekolah bertambah anak di sekolah bertambah. Metode baru pada kurikulum ini mengharuskan anak-anak untuk ikut aktif dalam pembelajaran dalam mengobservasi setiap tema yang menjadi bahasan. Untuk kelas I-III yang awalnya belajar selama 26-28 jam dalam per minggu di sekolah bertambah menjadi 30-32 jam per minggu, sedangkan untuk kelas IV-VI yang semula belajar selama 32 jam per minggu disekolah bertambah menjadi 36 jam per minggu. Itulah isi perubahan kurikulum baru yang rencananya akan diterapkan pada tahun ajaran baru juli 2013 untuk anak-anak SD. Sistem pelajaran berbasisi tematik integrative ini telah dijalankan di banyak Negara, seperti inggris, jerman, prancis, finlandia, skotlandia, Australia, selandia baru, sebagian amerika serikat, korea selatan, singapura, hongkong, dan filiphina. Penambahan jam belajar di sekolah dianggap masih sesuai karena dibandingkan Negara lain, Indonesia terbilang masih sibgkat durasinya untuk anak usia 7-9 tahun. Dengan pemadatan mata pelajaran dan pembelajaran berbasis tematik, anak-anak juga tidak akan lagi kerepotan membawa buku yang banyak dalam tasnya.
Menghadapi berbagai perbedaan tersebut, dilakukan langkah penguatan tata kelola dengan cara menyampaikan beberapa hal sebagai berikut. Buku pedoman pembelajaran yang terdiri dari buku siswa dan buku guru.
a)      Guru dilatih untuk memahami pendayagunaan sumber belajar yang telah disiapkan dan sumber lain yang dapat dimanfaatkan.

b)      Pendampingan dan pemantauan oleh pusat dan daerah terhadap pelaksanaan pembelajaran.

             Jadi dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa perbedaan antara Kurikulum 2013 dan KTSP. Pada Kurikulum 2013 lebih menekankan pada student center atau berpusat pada siswa, yang membuat siswa lebih aktif. Sedangkan pada KTSP lebih berfokus pada guru. Contoh perbedaan antara Kurikulum 2013 dan KTSP yang lainnya adalah pada proses pembelajaran, dalam Kurikulum 2013 diajarkan dengan pendekatan yang sama (saintifik) melalui mengamati, menanya, mencoba, menalar. Sedangkan pada KTSP diajarkan dengan berbeda-beda. 

DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zainal.2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Mulyasa,E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Reksoatmodjo,Tedjo.2010. Pengembangan Kurikulum Pendidika. Bandung: PT. Refika Aditama

Struktur Kurikulum 2013

Struktur kurikulum 2013 yang berbasisi karakter dan kompetensi untuk sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas, serta sekolah menengah kejuruan seperti yang disajikan dalam materi uji public kurikulum 2013, dan juga materi sosialisasi kurikulum 2013 (Kemendiknas, 2013) dapat dikemukakan sebagai  berikut :
Tabel 2.1
Struktur Kurikulum 2013


Usulan Rancangan Struktur Kurikulum SD
NO
Komponen Rancangan
1.
Berbasis tematikintergratif sampai kelas IV
2.
Menggunakan kompetensi lulusan untuk merumuskan kompetensi hasil pada tiap kelas
3.
Menggunakan pendekatan sains dalam proses pembelajaran (mengamati), menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan (menciptakan) semua mata pelajaran.
4.
Menggunakan IPA dan IPS sebagai materi pembahasan pada semua mata pelajaran.
5.
Meminimumkan jumlah mata pelajaran dengan hasil dari 10 dapat dikurangi menjadi 6 melalui pengintegrasian beberapa mata pelajaran.
-          IPA menjadi materi pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia, matematika, dll.
-          IPS menjadi materi pembahasan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, dll.
-          Muatan lokal menjadi materi pembahasan Seni Budaya dan Prakarya serta pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.
-          Mata pelajaran pengembangan diri di integrasikanke semua mata pelarajaran.
6.
Menempatkan IPA dan IPS pada posisi sewajarnya bagi anak SD yaitu bukan sebagai disiplin ilmu melainkan sebagai sumber kompetensi untuk membentuk ilmuan dan kepedulian dalam berinteraksi sosial dan dengan alam secara bertanggung jawab.
7.
Perbedaan antara IPA/IPS dipisah atau diintgrasikan hanyalah pada apakah buku teksnya terpisah atau jadi satu. Tetepi bila dipisah dapat berakibat beratnya beban guru, kesulitan bagi Bahasa Indonesia untuk mencari materi pembahasan yang kontekstual,, berjalan sendiri melampaui kemampuan berbahasa peserta didiknya seperti yang terjadi saat ini, dll
8.
Menambah 4 jam pelajaran per minggu akibat perubahan proses pembelajaran dan penilaian.

DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zainal.2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Mulyasa,E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Reksoatmodjo,Tedjo.2010. Pengembangan Kurikulum Pendidika. Bandung: PT. Refika Aditama

Pengertian Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 adalah kurikulum terbaru yang diluncurkan oleh departemen pendidikan nasional mulai tahun 2013 sebagai bentuk pengembangan dari kurikulum sebelumya yaitu kurikukum 2004 (KTSP ) yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara terpadu. Hal ini ditegaskan dalam pasal 1 ayat 29 undang-undang no 20 tahun 2003 bahwa kurikulum merupakan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran secara yang di gunakan sebagai pedoman penyelenggara kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Kurikulum 2013 berlaku secara bertahap mulai tahun ajaran 2013/2014 melalui pelaksanaan terbatas, khususnya bagi sekolah-sekolah yang sudah siap melaksanakannya. Pada ajaran 2013/2014 kurikulum 2013 di laksanakan secara terbatas untuk kelas I dan kelas IV (SD/MI). pada tahun Ajaran 2015/2016 diharapkan kurikulum 2013 telah dilaksanakan di seluruh kelas I sampai dengan kelas VI. Menjelang implementasi kurikulum 2013, menyiapkan tenaga guru sebagai tenaga kependidikan lainnya sebagai pelaksana kurikulum di lapangan perlu di lakukan.  Sehubungan dengan itu, badan pengembangan sumber daya manusia pendidikan dan kebudayaan dan penjaminan mutu pendidikan, telah menyiapkan strategi pelatihan implementasi kurikulum 2013 bagi guru, kepala sekolah dan pengawas.
Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan dari pengembangan kurikulum berbasis kompetensi yang di rintis pada tahun 2004 dan ktsp atau kurikulum tingkat satuan pendidikan, kurikulum tingkat satuan pendidikan memberikan otonomi penuh kepada lembaga sekolah itu sendiri untuk mengembangkan kurikulumnya sesuai kemampuan dan kesanggupan masing-masing, sedangkan kurikulum 2013 mencoba kembali pada masa pemerintahan presiden Suharto yaitu kurikulum di kendalikan oleh pemerintah. Pada kurikulum ini guru harus membuat silabus dan rpp, karena guru harus berfokus pada bagaimana proses pembelajaran dan transformasi ilmu secara maksimal.

Jadi dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Kurikulum 2013 adalah kurikulum terbaru yang diluncurkan oleh departemen pendidikan nasional mulai tahun 2013 yang menekankan karakter dan keaktifan pada siswa.

DAFTAR PUSTAKA
Mulyasa,E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya