Minggu, 04 Desember 2016

Biografi Aristoteles

Aristoteles merupakan salah seorang Filosof Yunani, merupakan satu dari tiga Filosof Yunani yang paling berpengaruh. Sama saja seperti kakek Plato, Aristoteles lahir 384 SM di Stageira suatu kota di Yunani Utara. Berarti kalau kita hitung, Aristoteles hidup pada hampir 2400 tahun yang lalu. Ya, Aristoteles lahir puluhan abad yang lalu dan meninggal pada 322 SM,  yakni ketika ia berumur 61 atau 62 tahun. Kala itu, Aristoteles dikatakan tengah berada di pembuangan karena didakwa kurang ajar terhadap dewa.
KELUARGA DAN MASA KECIL ARISTOTELES
Ayah Aristoteles bernama Nicomachus, ialah seorang dokter Raja Amynta dari Macedonia. Sejak kecil Aristoteles dididik sebagai aristokrat hingga ia berumur 13 tahun, dan beberapa tahun kemudian melanjutkan pendidikannya di Akademia Plato. Ia menikah dengan Pythias pada masa pengembaraannya sepeninggal Plato. Namun sayanya, Pythias tak lama kemudian meninggal. Aristoteles akhirnya menikah lagi dengan Herpyllis yang kemudian melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Nicomachus.

PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN FILSAFAT ARISTOTELES
Aristoteles merupakan salah satu Murid Plato. Aristoteles mulai berguru pada Plato ketika berumur 17 tahun, yakni dengan mulainya ia belajar pada Akademia yang didirikan Plato. Kemudian, saat plato meninggal pada 345 SM, Aristoteles yang telah belajar dan menjadi pengajar di Akademia selama 20 tahun di Akademia memilih untuk pergi mengembara.
Awal pengembaraan Aristoteles adalah pengembaraannya menuju Asia bersama temannya, Xenocrates. Kemudian ia melanjutkan perjalanannya bersama salah seorang temannya yang lain, Theophratus menuju kepulauan Lesbos, yang kemudian disana mereka mulai mengadakan Riset dan Zoologi.
Dalam pengajarannya, salah satu tokoh besar yang pernah menjadi murid Aristoteles adalah Alexander Agung, Aristoteles menjadi murid Alexander Agung semenjak Aristoteles menerima panggilan raja Philip dari Macedonia pada 342 SM untuk menjadi guru anaknya, ialah Alexander Agung yang saat itu berumur sekitar 13 Tahun.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar