Minggu, 04 Desember 2016

Pemikiran Filsafat Plato

Seperti dikatakan sebelumnya, Pemikiran-pemikiran filsafat Plato banyak dipengaruhi oleh pemikiran gurunya, Socrates. Adapun hal pertama yang dilakukan Plato sebagai seorang filosof adalah menerbitkan karya Socrates Apologi.
Sebagai seorang filosof, Plato mempunyai kedudukan yang istimewa. Ia pandai menyatukan puisi dan ilmu, seni dan filosofi. Ia mampu melukiskan Pandangan yang dalam dan abstrak dalam bahasa yang indah. Sehingga dikatakan tak ada filosof yang mampu menandinginya dalam hal ini, baik filosof yang lahir sebelum masanya maupun setelahnya.
Adapun inti dari pemikiran filsafat yang dicetuskan Plato ialah pendapatnya tentang idea atau yang disebut dengan dunia ide. Dalam pemikiran ini, plato memisahkan kenyataan yang terlihat dalam alam lahir dengan jiwa yang abstrak (idea). Idea berlaku tanpa bergantung kepada pandangan dan pendapat orang banyak. Idea timbul semata-mata karena kecerdasan berfikir. Idea pada hakikatnya sudah ada, tinggal mencarinya saja. Idea menurut paham plato tidak saja pengertian jenis, tetapi juga bentuk dari pada keadaan yang sebenarnya. Idea bukanlah suatu pikiran, melainkan suatu realita. Ini semacam pendapat Parmenides tentang adanya satu hal yang kekal, dan tidak berubah-ubah. Tetapi yang baru dalam ajaran Plato ini ialah pendapatnya tentang suatu dunia yang tidak bertubuh.

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar